Get Adobe Flash player

Peta Kecamatan

RENJA KECAMATAN DAU TAHUN 2012

BAB  I

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Secara umum tugas  dan kewajiban pemerintahan adalah  menciptakan regulasi  pelayanan umum pengembangan sumber daya produktif, menciptakan ketentraman dan ketertiban  masyarakat, pelestarian nilai-nilai sosial kultural  dan memperkuat persatuan  kesatuan bangsa, pengembangan kehidupan demokrasi , menciptakan keadilan, pelestarian lingkungan hidup, penerapan dan penegakan undang-undang dan mengembangkan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Untuk mewujudkan tugas-tugas tersebut tentunya membutuhkan suatu pemerintahan yang bersih dan berwibawa  dengan menerapkan nilai-nilai dan  norma-norma yang dijunjung tinggi oleh bangsa.  Dalam  pelaksanaannya diperlukan  penerapan prinsip Good governance yang memuat prinsip-prinsip akuntabilitas, transparansi, rule of law profesionalisme, efektivitas dan efesiensi.

Dengan modal tersebut diharapkan pemerintahan dapat berjalan  sesuai dengan amanat dan aspirasi masyarakat, baik di tingkat pusat maupun tingkat pemerintahan daerah.  Terkait dengan hal tersebut, Kecamatan memiliki peran yang penting dalam menunjang keberhasilan pemerintah daerah otonom  karena merupakan ujung tombak pelayanan dan pembinaan masyarakat seperti  disebutkan dalan Undang-Undang No. 32 Tahun 2004  tentang Pemerintahan Daerah  Pasal 126 ayat (2) yang menyebutkan :

Kecamatan sebagaimana dimaksud  pada ayat 1  dipimpin oleh  Camat yang dalam pelaksanaan tugasnya memperoleh pelimpahan  sebagian wewenang Bupati atau Walikota untuk menangani urusan otonomi daerah.

Jadi dapat dikatakan bahwa, semakin besar wewenang yang dilimpahkan semakin besar tanggung jawab camat dalam mengemban tugasnya.

Disamping Camat melaksanakan tugas dari Bupati atau Walikota, juga menyelenggarakan tugas Umum Pemerintahan  yang meliputi :

  1. Mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat.
  2. Mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan keamanan dan ketertiban umum.
  3. Mengkoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan.
  4. Mengkoordinasikan pemeliharaan prasarana dan  fasilitas pelayanan umum.
  5. Mengkoordinasikan kegiatan pemerintahan di kecamatan.
  6. Membina penyelenggaraan pemerintahan desa.
  7. Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya.

Mengingat semakin komplek tugas camat, maka perlu dibuat suatu  pola perencanaan, pelaksanaan , evaluasi dan pelaporan secara cermat, terarah dan konprehensif Perencanaan pembangunan, pembinaan sosial budaya kemasyarakatan dan pengembangan perekonomian di tingkat kecamatan yang dalam pelaksanaannya dilakukan melalui mekanisme Musrenbang  baik di tingkat desa, kecamatan dan kabupaten.  Adapun pelaksanaan pembangunan  dilakukan oleh dinas daerah yang dipadu dengan swadaya masyarakat. Sedangkan dalam perencanaan pembangunan, kemasyarakatan dan kepemerintahan Camat berkewajiban membuat Renstra kepada Bupati.

Sebagai aplikasi dari uraian di atas  maka perlu disusun suatu  Rencana Strategis  yang dikenal dengan (RENSTRA) yang merupakan suatu wujud dari model penyelenggaraan kepemerintahan yang baik (good governance).  Oleh sebab itu prinsip-prinsip dasar yang terdapat dalam UU No. 32/2004 yang meliputi demokrasi, peran serta masyarakat, pemerataan dan keadilan serta keragaman dan potensi daerah merupakan titik tolak dalam penyusunan Rencana Strategis  Kecataman Dau Tahun 2011 – 2015 ini yang diorientasikan untuk mewujudkan visi Kabupaten Malang di Kecamatan Dau dalam rangka mencapai masyarakat mandiri, agamis, demokratis, produktif, maju, aman, tertib dan berdaya saing (MADEP MANTEB).  Selanjutnya berdasarkan rencana strategis yang telah disusun akan diimplementasikan dalam bentuk Rencana Kerja (RENJA) Tahunan yang merupakan dasar dari penilian keberhasilan pelaksanaan fungsi-fungsi kepemerintahan Kecamatan Dau untuk rentang waktu tahun 2011 sampai dengan 2015.

1.2. Landasan Hukum

Landasan hukum Penyusunan Rencana Kerja Kecamatan Dau tahun 2012 antara lain :

  1. Undang-undang Nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2003 No. 47, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia No. 4286);
  2. Undang-undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004  Nomor 104, Tamgbahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4421);
  3. Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah  (Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2004 No. 125, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia No. 4437 ) ;
  4. Undang-undang Nomor 33 tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah ( Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2004 Nomor 126, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4438 ) ;
  5. Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 21, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4817 )
  6. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah ;
  7. Peraturan Daerah Kabupaten Malang Nomor 1 Tahun 2008 tentang Organisasi Perangkat Daerah (Lembaran Daerah Kabupaten Malang);
  8. Peraturan Daerah Nomor 2  Tahun 2011 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPMJD) Kabupaten Malang Tahun  2010 – 2015.

1.3.   Maksud dan Tujuan

Maksud disusunnya Rencana Kerja Kecamatan Dau tahun 2012 adalah memberikan arah penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kehidupan kemasyarakatan serta pelaksanaan pembangunan yang menjadi prioritas yaitu kegiatan-kegiatan perencanaan strategis di wilayah Kecamatan Dau guna mewujudkan keadaan satu tahun kedepan yang diinginkan baik oleh Pemerintah Kabupaten Malang maupun oleh semua lapisan masyarakat sehingga hasil-hasil pelayanan publik, pelaksanaan pembangunan, kemasyarakatan serta penciptaan kondisi yang kondusif  mendapatkan pengakuan dari elemen masyarakat.

Adapun tujuan disusunya Rencana Kinerja Kecamatan Dau tahun 2012 adalah :

  1. Sebagai input dalam rangka perbaikan  pelaksanaan tugas dan peningkatan pembangunan satu tahun kedepan;
  2. Memberikan kondisi penciptaan integrasi, sinkronisasi, dan kesinergian antar pelaksanaan kegiatan pembangunan di wilayah Kabupaten Malang khususnya Kecamatan Dau;
  3. Membuat acuan perencanaan yang memuat Visi, Misi, Tujuan, Strategi, Kebijakan, Program dan kegiatan pembangunan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi SKPD Kecamatan;
  4. Bahan evaluasi perencanaan tugas-tugas Camat berikutnya.

1.4.   Sistimatika Penyusunan

I.    PENDAHULUAN

1.1               Latar Belakang

1.2               Landasan Hukum

1.3               Maksud dan Tujuan

1.4               Sistematika Penyusunan

II.  EVALUASI PELAKSANAAN RENJA KECAMATAN DAU TAHUN LALU

2.1              Evaluasi Pelaksanaan Renja Tahun Lalu Dan Capaian Renstra Kecamatan Dau

2.2              Analisis Kinerja Pelayanan Kecamatan Dau

2.3              Isu-isu Penting Penyelenggaraan Tugas dan Fungsi

2.4              Review Terhadap Rancangan Awal RKPD

2.5              Penelaahan Usulan Program Dan Kegiatan Masyarakat

III. TUJUAN, SASARAN, PROGRAM DAN KEGIATAN

3.1              Telaah Terhadap Kebijakan Nasional

3.2              Tujuan Dan Sasaran Renja Kecamatan Dau

3.3              Program Dan Kegiatan

IV.  PENUTUP

BAB  II

EVALUASI PELAKSANAAN RENJA KECAMATAN DAU TAHUN LALU

2.1. Evaluasi Pelaksanaan Renja Tahun Lalu Dan Capaian Renstra Kecamatan Dau

Pelaksanaan program dan kerja pada tahun-tahun sebelumnya yaitu tahun 2009 – 2011 antara lain :

  • Program Pelayanan Administrasi Perkantoran, meliputi kegiatan :

-          Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumberdaya Air dan Listrik

-          Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan

-          Penyediaan Alat Tulis Kantor

-          Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan

-          Penyediaan Makanan dan Minuman

-          Rapat-rapat Koordinasi dan Perjalan Ke Luar Daerah

  • Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur

-          Pemeliharaan Gedung Kantor

-          Pemeliharaan Kendaraan Dinas/Operasional

  • Program Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Aparatur

-          Pendidikan dan Pelatihan Formal

  • Program Peningkatan Sistem Pengawasan Internal dan Pengendalian Pelaksanaan Kebijakan Kepala Daerah

-     Pengendalian Manajemen Pelaksanaan Kebijakan Kepala Daerah

Untuk lebih jelasnya tentang rekap hasil evaluasi pelaksanaan Renja dan pencapaian Renstra Tahun 2011 Kecamatan Dau dapat dilihat Tabel 2.1 pada lampiran.

2.2. Analisis Kinerja Pelayanan Kecamatan Dau

Kinerja Pelayanan di Kecamatan Dau dapat dilihat dari beberapa indikator kinerja :

  • Meningkatnya pelayanan administrasi perkantoran
  • Meningkatnya Sarana dan prasarana aparatur
  • Meningkatnya kapasitas sumber daya aparatur

Meningkatnya Sistim Pengawasan Internal dan Pengendalian

Lingkup analisis kinerja pelayanan di Kecamatan Dau meliputi analisis lingkungan internal dan analisis lingkungan eksternal yang dapat menghasilkan kesimpulan analisis berupa daftar prioritas faktor lingkungan, baik internal maupun eksternal, serta dampaknya terhadap masa depan organisasi, yang selanjutnya akan berpengaruh pada hubungan internal organisasi pada gilirannya dapat ditentukan faktor kunci keberhasilan antara lain :

  1. Lingkungan Internal

Kekuatan :

-          Visi dan misi organisasi yang jelas

-          Kekuatan hokum tentang tugas pokok dan fungsi kecamatan

-          Adanya alokasi anggaran bagi kecamatan

-          Kewenangan koordanasi di tingkat kecamatan

-          Adanya sarana dan prasarana

Kelemahan

-          Jumlah dan kualitas SDM yang belum memadai

-          Belum adanya SPM Kecamatan Dau

-          Lemahnya pelaksanaan koordinasi dengan pemerintahan kabupaten dan instansi teknis lainnya

-          Belum tertib dan lemahnya sistim administrasi organisasi

-          Belum optimalnya penyusunan kebijakan dan perencanaan

  1. Lingkungan Eksternal

Peluang

-          RPJM Kabupaten Malang Tahun 2011 – 2015

-          Agenda pembangunan tahunan kabupaten Malang

-          Tuntutan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik dan akuntabilitas pemerintahan

-          Komitmen Bupati dalam pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kulaitas prasarana wilayah dan pelayanan publik

-          Keterkaitan institusional (koordinatif) pemerintahan yang ada di wilayah dengan kecamatan

-          Dukungan dan partisipasi masyarakat luas

-          Diklat peningkatan kualitas aparatur

-          Kehidupan sosial, budaya dan keagamaan masyarakat

-          Kebutuhan akan rasa aman, tertib dan tentram

Ancaman :

-          Jarak yang jauh dari ibu kota kabupaten

-          Prasarana wilayah yang masih rendah dan kurang memadai

-          Rendahnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi pemerintahan

-          Pratek-praktek yang merusak akuntabilitas organisasi oleh aparaturnya

-          Kebijakan instansi teknis yang kurang mendukung pemberdayaan masayarakat.

-          Kecenderungan masyarakat untuk mengabaikan peraturan dan kewajiban yang mengikat

-          Kondisi ekonomi masayarakat yang mengalami penurunan kualitas.

Untuk lebih jelasnya mengenai pencapaian kinerja pelayanan di Kecamatan Dau dapat dilihat Tabel 2.2 pada lampiran.

2.3. Isu-isu Penting Penyelenggaraan Tugas dan Fungsi

Dalam rangka penyelenggaraan tugas dan fungsi Kecamatan Dau bahwa ditentukan isu-isu penting yaitu sebagai berikut :

1)      Pemanfaatan peluang kebijakan penyerahan sebagian kewenangan dari Bupati Malang kepada Camat di bidang Pemerintahan untuk mendayagunakan segenap potensi yang ada di wilayah. Dengan adanya penyerahan sebagian kewenangan Bupati kepada Camat, maka Camat dengan tetap mendasarkan pada asas kepatutan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, memiliki posisi yang kuat dan strategis dalam mendayagunakan segenap potensi yang ada, baik potensi kelembagaan pemerintah, potensi kelembagaan non pemerintah,  potensi wilayah, dan potensi masyarakat dalam mendukung penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi guna pencapaian tujuan yang lebih besar yakni tercapainya visi Kabupaten Malang;

2)      Optimalisasi partisipasi masyarakat dan kalangan dunia usaha di wilayah. Kecamatan harus terus memacu partisipasi masyarakat dan kalangan dunia usaha dalam penyelenggaraan pembangunan, terlebih pada pembangunan peningkatan insfrastruktur wilayah guna mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Terlebih dengan adanya kewajiban pengusaha untuk sungguh–sungguh memperhatikan Company/Coorperate Sosial Resposipility ( CSR ), maka kecamatan harus benar-benar memanfaatkan peluang tersebut untuk upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat;

3)      Pelayanan Prima. Kecamatan sebagai salah satu SKPD di Pemerintah Kabupaten Malang yang menyelenggarakan pelayanan publik, maka harus benar-benar mampu memberikan pelayanan secara prima kepada masyarakat yaitu pelayanan cepat, akurat, memiliki legalitas hukum dan tentunya dengan tetap mendasarkan pada prosedur serta pada tatanan atau aturan yang berlaku. Dalam penyelenggaraan pelayanan prima tersebut maka diperlukan Standar Pelayanan yang secara normatif harus dikomunikasikan dengan masyarakat. Harapannya dengan pelayanan prima akan memunculkan kembali  kepercayaan masyarakat kepada pemerintah, menciptakan kepuasan dan pada akhirnya mampu mendorong berkembangnya dinamikan ativitas  masyarakat;

4)      Peningkatan Kapasitas Aparatur dan penambahan kuantitas aparatur. Keberadaan aparatur merupakan factor penting dalam rangka penyelenggaraan tugas dan fungsi, serta pemberian pelayanan masyarakat. Sebagai faktor penting, maka aparatur yang ada harus mencukupi dalam jumlah dan memiliki persyaratan secara kualitas. Oleh sebab itu perlu usaha dalam meningkatkan kemampuan sumber daya aparatur dan penambahan jumlah aparatur;

5)      Arah Kebijakan dan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Malang, Kota Batu dan Kota Malang tentang pengembangan bersama bidang pariwisata. Sebagai wilayah yang memiliki posisi strategis diantara 2 ( dua ) Kota dan memiliki potensi wisata yang cukup layak untuk dikembangkan, maka Kecamatan Dau harus betul-betul memanfaatkan posisi dan potensi yang dimiliki, guna mendorong kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.c

2.4. Review Terhadap Rancangan Awal RKPD

Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) merupakan dokumen perencanaan pemerintah untuk periode satu tahun dan merupakan penjabaran dari RPJMD yang memuat a) rancangan kerangka ekonomi daerah b) program prioritas pembangunan daerah dan c) rencana kerja, pendanaan dan prakiraan maju, yang selanjutnya akan dipakai sebagai dasar penyusunan KUA-PPAS. Rencana Kerja Kecamatan Dau berdasarkan RKPD Kabupaten Malang sifatnya sebagai pendukung dari pelaksanaan Renja SKPD se Kabupaten Malang yang melaksanakan program dan kegiatan berlokasi di wilayah Kecamatan Dau.

Untuk lebih jelasnya mengenai review rancangan awal RKPD Tahun 2012 dapat dilihat Tabel 2.3 pada lampiran.

2.5. Penelaahan Usulan Program Dan Kegiatan Masyarakat

Usulan Program dan Kegiatan Kecamatan Dau pada tahun 2012 dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan umum dan kewenangan pemerintah yang dilimpahkan oleh Bupati dalam rangka penguatan otonomi daerah diarahkan pada :

  1. Peningkatan kualitas pelayanan publik yang menjadi kewenangan kecamatan dan peningkatan kualitas aparaturnya;
  2. Peningkatan kualitas pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan pemerintahan desa;
  3. Upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum, penegakan peraturan perundang-undangan serta mendorong kesadaran masyarakat dalam membayar pajak dan retribusi;
  4. Peningkatan kualitas koordinasi pelaksanaan tugas-tugas dengan Muspika, UPTD dan organisasi pemerintahan lainnya yang ada di wilayah.

Telaah usulan Program dan Kegiatan masyarakat  ini didasari oleh pemikiran bahwa dalam rangka mewujudkan visi Kecamatan Dau maka keempat hal tersebut diatas perlu dilaksanakan dan dicapai oleh pengemban delegasi.


BAB III

TUJUAN, SASARAN, PROGRAM DAN KEGIATAN

3.1. Telaah Terhadap Kebijakan Nasional

Kebijakan merupakan suatu keputusan yang diambil untuk menggambarkan prioritas pelaksanaan tugas dengan mempertimbangkan sumberdaya yang dimiliki serta kendala-kendala yang ada dalam kurun waktu tertentu agar pencapaian tujuan dapat sesuai dengan rencana secara efisien dan efektif yang sesuai dengan misi yang diemban oleh organisasi dalam rangka mewujudkan visi yang telah dirumuskan dan dapat memenuhi standard penyelenggaraan good governance dan akuntabilitas public.  Oleh sebab itu  kebijakan yang digariskan dalam penyelenggaraan fungsi Kecamatan Dau dalam kurun waktu tahun 2011 sampai dengan tahun 2015 adalah sebagai berikut :

  1. Optimalisasi pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan umum  dalam rangka mengoptimalkan pengkoordinasian pemberdayaan masyarakat, upaya  penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum, penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan, pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum, penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan dan pembinaan terhadap penyelenggaraan pemerintahan desa dan/atau kelurahan serta  melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan/atau yang belum dapat dilaksanakan pemerintahan desa atau kelurahan;
    1. Mengoptimalkan pelaksanaan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah, yang meliputi aspek perizinan, rekomendasi, koordinasi, pembinaan, pengawasan, fasilitasi, penetapan, penyelenggaraan, dan kewenangan lain yang dilimpahkan.

3.2. Tujuan Dan Sasaran Renja Kecamatan Dau

Dengan menitikberatkan pada Visi dan Misi yang telah ditetapkan pada Rencana Strategis maka  Kecamatan Dau mempunyai tujuan : Meningkatkan pelayanan di bidang pemerintahan, ekonomi, pembangunan, keamanan, ketertiban, pertanahan dan aset serta kesejahteraan sosial dengan sasaran Terwujudnya penyelenggaraan tugas umum pemerintahan berupa perijinan, rekomendasi, koordinasi, pembinaan, pengawasan dan fasilitasi di Kecamatan Dau secara Optimal.

3.3. Program Dan Kegiatan

  1. 1. Program

Program merupakan kumpulan kegiatan yang menggambarkan tindakan-tindakan yang akan dilakukan untuk menjalankan misi yang diemban oleh suatu organisasi.  Sesuai dengan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Kantor Kecamatan Dau maka program-program yang akan dilaksanakan tahun anggaran 2012 adalah sebagai berikut :

  • Program Pelayanan Administrasi Perkantoran
  • Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur
  • Program Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Aparatur
  • Program Peningkatan Sistem Pengawasan Internal dan Pengendalian Pelaksanaan Kebijakan Kepala Daerah
  1. 2. Kegiatan

Kegiatan merupakan suatu tindakan dari penjabaran program untuk mencapai tujuan tertentu sesuai dengan kebijakan yang telah digariskan.  Berpedoman pada tahun sebelumnya maka kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2012 adalah sebagai berikut :

  • Program Pelayanan Administrasi Perkantoran, meliputi kegiatan :

-          Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumberdaya Air dan Listrik

-          Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan

-          Penyediaan Alat Tulis Kantor

-          Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan

-          Penyediaan Makanan dan Minuman

-          Rapat-rapat Koordinasi dan Perjalan Ke Luar Daerah

  • Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur

-          Pemeliharaan Gedung Kantor

-          Pemeliharaan Kendaraan Dinas/Operasional

  • Program Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Aparatur

-          Pendidikan dan Pelatihan Formal

  • Program Peningkatan Sistem Pengawasan Internal dan Pengendalian Pelaksanaan Kebijakan Kepala Daerah

-          Pengendalian Manajemen Pelaksanaan Kebijakan Kepala Daerah

Untuk lebih jelasnya mengenai Rumusan Rencana Program Dan Kegiatan Tahun 2012 Kecamatan Dau dapat dilihat Tabel 3.1 pada lampiran.

BAB  IV

P E N U T U P

Pada dasarnya seluruh program-program kerja  dan kegiatan yang akan dilaksanakan merupakan suatu upaya Kecamatan Dau dalam  mewujudkan visi dan misi yang telah dirumuskan untuk menjamin terwujudnya visi Kabupaten Malang di Kecamatan Dau.

Perencanaan ini dibuat secara partisipatif, dengan mengupayakan semaksimal mungkin dapat memfasilitasi segenap aspirasi stakeholders (pihak yang terkait dan berkepentingan) di Kecamatan Dau. Ruang lingkup perencanaan pembangunan di Kecamatan Dau ini bersifat makro dalam rangka mendukung pencapaian target dan sasaran serta visi dan misi Kabupaten Malang  secara keseluruhan.

Untuk menjamin keberhasilan implementasi Rencana Startegis (Renstra) dilaksanakan Rencana Kinerja (Renja) Tahun  2012 atau tahun kedua, maka perlu dilakukan hal-hal sebagai berikut ini:

  1. Penetapan status hukum naskah perencanaan ini, sehingga implementasinya bersifat  mengikat dan konsekuensinya dapat dipertanggungjawabkan;
  2. Pengkomunikasian/sosialisasi rencana strategis ke semua pihak yang terlibat secara intensif dan berkelanjutan untuk meningkatkan komitmen dan motivasi seluruh pihak untuk melaksanakan rencana strategis yang telah dibuat. Sosialisasi ini penting untuk mendukung keberhasilan implementasi renstra ini dan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap pencapaian sasaran dan target yang telah ditetapkan di dalam renstra yang sudah dibuat;
  3. Pelaksanaan program dan kegiatan indikatif yang telah dirumuskan oleh seluruh aparat dan komponen stakeholders yang terkait dan relevan secara disiplin dalam artian semua aktifitas yang dilakukan oleh semua pihak tidak boleh menyimpang dari rencana kerja yang sudah ditetapkan untuk memastikan pencapaian tujuan akhir organisasi. Oleh karena itu perlunya komunikasi dan sosialisasi renstra ke semua pihak untuk memastikan semua pihak berjalan ke arah yang sama sesuai dengan rencana strategis yang telah dibuat;
  4. Pengukuran pencapaian sasaran dan target yang telah ditetapkan di rencana kerja ini secara berkelanjutan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan rencana kerja yang telah dibuat;
  5. Pengevaluasian, pengkajian hasil pengukuran pencapaian sasaran dan target yang telah ditetapkan untuk melakukan penilaian terhadap kinerja dari seluruh aparat dan jika perlu dilakukan penyesuaian terhadap rencana kerja untuk menjamin pencapaian visi dan misi organisasi.

Dengan mengharap keridhoan Tuhan Yang Maha Esa, semoga rencana kerja yang telah dibuat bersama-sama ini dapat diwujudkan bersama, untuk mencapai tujuan akhir bersama yaitu Kabupaten Malang Yang Madep Manteb. Amien.

.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>