TUGAS POKOK DAN FUNGSI

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

CAMAT – DAU
TUGAS, POKOK DAN FUNGSI

Camat mempunyai tugas :
1. Melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan Otonomi Daerah;
2. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan bidang tugasnya;

Untuk menyelenggarakan tugas sebagiman dimaksud dalam pasal 5, camat mempunyai fungsi :
1. Pelaksanaan pengelolaan dan pengumpulan data berbentuk data base serta analisa data untuk menyusun program kegiatan;
2. Perencanaan strategis di bidang perencanaan kegiatan Kecamatan;
3. Pelaksaan pelimpahan sebagian kewenangan Bupati;
4. Pengkoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat;
5. Pengkoordinasian upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
6. Pengkoordinasian penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan;
7. Pengkoordinasian pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
8. Pengkoordinasian penyelenggaraan kegiatan Pemerintah Desa dan/atau Kelurahan;
9. Pelaksanaan pelayanan masyarakat yang belum dapat dilaksanakan Pemerintah Desa dan/atau Kelurahan;
10. Pelaksanaan kerjasama dan koordinasi dengan masyarakat lembaga pemerintah dan embaga-lembaga lainnya;
11. Pengkoordinasian, integrasi dan sinkronisasi kegiatan-kegiatan lain di lingkungan Kecamatan;

SEKRETARIS
KECAMATAN DAU
TUGAS, POKOK DAN FUNGSI

Sekretaris mempunyai tugas :
1. Melaksanakan koordinasi perencanaan,evaluasi dan pelaporan program Kecamatan,pengolahan urusan kepegawaian,urusan umum yang melipiti kegiatan surat menyurat,penggandaan, perlengkapan rumah tangga,hubungan masyarakat,urusan keuangan ;
2. Membantu Camat dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintah;
3. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya;

Untuk menyelenggarakan tugas sebagiman dimaksud dalam pasal 7, Sekretaris mempunyai fungsi :
1. Perencanaan kegiatan kesekretariatan;
2. Pengelola urusan administrasi kepegawaian, kesejatteraan pegawai dan pendidkan pelatihan pegawai;
3. Pengelolaan urusan rumah tangga, keprotokolan dan hubungan masyarakat;
4. Penyelenggraan pengelolaan administrasi keuangan dan kekayaan Daerah;
5. Penyelenggaraan kegiatan surat-menyurat, pengetikan, penggandaan dan kearsipan;
6. Pengelolaan administrasi perlengkapan dan mengurus pemeliharaan, kebersihan dan keamanan kantor;
7. Pengkoordinasian dan penyusunan rencana pembangunan bidang Kecamatan, evaluasi dan pelaporan;

SUB BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN KECAMATAN DAU
TUGAS, POKOK DAN FUNGSI

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas :
1. Menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian ;
2. Menyelenggarakan, melaksanakan dan mengelola administrasi kepegawaian, kesejahteraan pegawai dan pendidikan pelatihan pegawai;
3. Melaksanakan pembinaan organisasi dan ketatalaksanaan urusan surat-menyurat, kearsipan, rumah tangga, perjalanan dinas, keprotokolan, penyusunan rencana kebutuhan barang, peralatan dan mendistribusikan di lingkungan Kecamatan;
4. Melaksanakan tata usaha barang, perawatan/penyimpanan peralatan kantor dan pendataan inventaris Kantor;
5. Menyelenggarakan administrasi perkantoran;
6. Melaksanakan kebersihan dan keamanan Kantor;
7. Menghimpun, mengolah data, menyusun program kerja Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
8. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan bidang tugasnya;

SUB BAGIAN KEUANGAN KECAMATAN DAU
TUGAS, POKOK DAN FUNGSI

Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas :
1. Menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Keuangan;
2. Melaksanakan administrasi keuangan yang meliputi pembukuan pertanggungjawaban dan verifikasi serta penyusunan perhubungan anggaran;
3. Menyelenggarakan penyusunan laporan dan pertanggungkjawaban penyelenggaraan anggaran satuan kerja;
4. Menyiapkan bahan penyusuann rencana strategis Kecamatan;
5. Menghimpun mengolah data dan menyusun program kerja Sub Bagian Keuangan;
6. Melaksanakan pengurusan biaya perpindahan pegawai dan ganti rugi gaji pegawai serta pembayran hak-hak keuangan lainnya;
7. Melaksanakan evaluasi keuangan terhadap hasil pelaksanaan program dan rencana strategis Kecamatan;
8. Mengkomplikasikan dan penyusunan laporan hsil laporan perencanaan dan lporan akuntabilitas Kecamatan;
9. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan bidang tugasnya;

SUB BAGIAN PERENCANAAN, EVALUASI DAN PELAPORAN KECAMATAN DAU
TUGAS, POKOK DAN FUNGSI

Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan mempunyai tugas :
1. Menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan pelaporan;
2. Melaksanakan penyiapan bahan dan melaksanakan koordinasi dalam penyusunan rencana strategis pembangunan Kecamatan tingkat Daerah;
3. Menyiapkan rumusan kebijakan program kerja dan rencana kerja kegiatan Kecamatan;
4. Menyiapkan dan menyusun bahan pengembangan kerja sama lintas sektor;
5. Menyelenggarakan sistem informasi manajemen dan pelaporan Kecamatan;
6. Melaksankan koordinasi, sinkronasi penyusunan rencana kegiatan tahunan pembangunan Kecamatan;
7. Melaksanakan monitoring dan koordinasi dalam rangka penyusunan bahan evaluasi dan laporan kegiatan Kecamatan;
8. Menyiapkan bahan dan sarana pertimbangan kepada pimpinan dalam rangka pengendalian dan pengembangan pembangunan bidang Kecamatan;
9. Melakukan evaluasi pelaksanaan rencana dan program, pembangunan bidang Kecamatan;
10. Melakukan penyusunan laporan tahunan dan laporan lainnya;
11. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan bidang tugasnya;

SEKSI PEMERINTAHAN KECAMATAN DAU
TUGAS, POKOK DAN FUNGSI

Seksi Pemerintahan mempunyai tugas :
1. Membantu camat dalam menyiapkan bahan perumusan kebijakan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan urusan pemerintahan;
2. Menyusun program dan melakukan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan umum dan pemerintahan Desa/Kelurahan;
3. Membantu menyusun program dan pembinaan administrasi kependudukan dan catatan sipil;
4. Melaksanakan penghimpunan dan pengolahan bahan/data serta melaksanakan kegiatan pemerintahan;
5. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya;

SEKSI KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN UMUM KECAMATAN DAU
TUGAS, POKOK DAN FUNGSI

Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum mempunyai tugas :
1. Membantu camat dalam menyiapkan bahan perumusan kebijakan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan urusan ketentraman dan ketertiban umum;
2. Menyusun program dan melakukan pembinaan ketentraman dan ketertiban di Kecamatan;
3. Menyusun program dan pembinaan Polisi Pamong Praja di Kecamatan;
4. Melaksanakan koordinasi kegiatan sosial politik, ideologi negara kesatuan bangsa dan perlindungan masyarakat;
5. Melaksanakan pembinaan wawasan kebangsaan dan perlindungan masyarakat;
6. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya;

SEKSI KESEJAHTERAAN SOSIAL DAN KEPEMUDAAN KECAMATAN DAU
TUGAS, POKOK DAN FUNGSI

Seksi Kesejahteraan Sosial dan Kepemudaan mempunyai tugas :
1. Membantu camat dalam menyiapkan bahan perumusan kebijakan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan urusan Kesejahteraan sosial dan kepemudaan;
2. Menghimpun dan mengolah data/bahan serta melaksanakan kegiatan pelayanan dalam bidang kesejahteraan sosial;
3. Menyusun program dan pembinaan di bidang kepemudaan yang terkait kegiatan olah raga, kepariwisataan, kesehatan masyarakat dan keluarga berencana;
4. Mengadakan pembinaan dan penyuluhan terhadap pemuda tentang wawasan kebangsaan serta peningkatan peranan pemuda terkait masalah sosial budaya, ketenagakerjaan dan kemasyarakatan;
5. Mengadakan pembinaan penyuluhan pembangunan yang berwawasan lingkungan demi masa depan dan pentingnya efektifitas dan efisensi di dalam kehidupan sehari-hari;
6. Membantu penanganan masalah-maslah sosila dan bencana alam;
7. Melaksankan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya;

SEKSI EKBANG & PP KECAMATAN DAU
TUGAS, POKOK DAN FUNGSI

Seksi Ekonomi Pembangunan dan pembedayaan Perempuan mempunyai tugas :
1. Membantu camat dalam menyiapkan bahan perumusan kebijakan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan urusan Ekonimi Pembangunan dan Pemberdayaan Perempuan ;
2. Menyusun program dan pembinaan dalam upaya meningkatkan pean serta masyarakat dalam pembangunan, penghijauan dan pengendalian perencanaan lingkungan;
3. Mengusulkan perencanaan rehab bangunan sekolah, peningkatan jalan Desa serta mengusulkan pembanguan di Tingkat Kecamatan dan Desa;
4. Melaksanakan pembinaan kebersihan lingkungan, sanitasi, drainase dan air bersih/minum;
5. Melaksankan pembinaankeberadaan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) serta Rencana Pengelolahan Lingkungan (RKL);
6. Memberdayakan kelompok perempuan dalam profesi sosial dan ketrampilan;
7. Mengadakan peningkatan peranan perempuan serta peningkatan kesejahteraan keluarga guna mendukung terwujudnya suatu keluarga yang sejahtera;
8. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya;

KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL KECAMATAN DAU
TUGAS, POKOK DAN FUNGSI

1. Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas melaksankan sebagian tugas Pemerintahan Daerah sesuai dengan keahlian dan kebutuhan;
2. Kelompok Jabatan Fungsional sebagaimana dimaksud pada ayat 1 terdiri dari sejumlah tenaga, dalam jenjang jabatan fungsional yang terbagi dalam berbagi kelompok sesuai dengan bidang keahliannya, ditentukan berdasarkan kebutuhan dan beban kerja;
3. Jenis dan jenjang jabatan fungsional sebagimana dimaksud pada ayat 2, diatur sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;